Wednesday 27 January 2016

Tips 13 Cara Menjadi Blogger Yang Profesional

Tips 13 Cara menjadi Blogger yang profesional Menjadi blogger. Bagaimana sih caranya menjadi Blogger Profesional? Sebenarnya sesuatu yang sudah lumrah di Indonesia menjelaskan tipe pekerjaan ini kepada orang lain ketika awal-awal blog digandrungi. Saat ini, predikat sebagai  menjadi seorang blogger mulai menjadi sesuatu yang prestisius dan malah membanggakan.
Tips 13 Cara Menjadi Blogger Yang Profesional
Tentunya dalam dunia bloging ada juga rasa hal yang tidak membuat merasa nyaman dan mengenakan. Ibarat pemain dota 2, ada yang masih amatiran dan ada pula yang sudah menjadi profesional. Dalam hal ini blog juga mengenal istilah amatiran dan profesional. Hanya kata untuk amatiran sedikit dihaluskan dengan sebutan newbie dan sedangkan blogger profesional adalah sesosok orang yang benar-benar konsen pada blognya.

Ada banyak juga jenis-jenis blogger profesional, mulai dari blogger yang mengulas tentang fashion, blogger  mengulas tentang traveler hingga yang lebih ke teknis juga banyak. tak sedikit pula yang beranjak dari blog sederhana menjadikan blognya startup dan kian membesar.

Berikut Bli dee akan memberi 13 Cara Menjadi Blogger yang Profesional sangat cocok digunakan bagi pemula yang seperti bli dee juga.

1. Punya Waktu Khusus Untuk Ngeblog
Bagi blogger yang sudah profesional, waktu adalah segalanya. Menjadi Blogger harus mempunyai dan mempersiapkan waktu khusus untuk ngblog. Waktu yang digunakan ini bukan hanya untuk membuat konten yang menarik saja, tapi lebih luas dari itu. Tentunya seorang blogger juga harus bisa membagi waktu secara merata diantara menulis artikel, berinteraksi, berdiskusi dengan blogger lain, melakukan riset, blogwalking dan tak kalah pentingnya menggunakan sosial media. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan trafik di blog kamu. Buat apa konten yang unik dan menarik kalau tak ada satupun orang yang membacanya.

Untuk soal berapa lama waktu ideal yang digunakan oleh seorang blogger untuk mengurusi blognya, nah kita kembali lagi ke individu blogger masing-masing. Ada yang hanya membutuhkan waktu satu jam untuk menguusi blognya, bahkan ada yang harus berjam-jam lo guys. Intinya Ini tidak lepas dari jam terbang yang dimiliki sebagai seorang blogger.

2. Punya Keahlian Untuk di Sharing
Pada dasarnya, seorang blogger profesional tidak harus ahli dalam berbagai bidang ilmu. Cukup mengetahui satu bidang tapi berkesinambungan. Itu jauh lebih baik, kenapa itu lebih baik karena dari pada banyak bidang keahlian yang dimiliki tetapi tidak fokus pada satu permasalahan.

Misalnya Kalian lagi sedang mengelola blog tentang kuliner, maka kalian harusnya memiliki koleksi kuliner masakan yang. Itu akan membuat kalian menjadi ahli dalam hal tentang kuliner masakan dan setiap tulisan yang di publish di blog akan menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi orang lain.

3. Pilihlah Topik Yang Kalian Sukai
Dasar pada blogger pemula tapi juga kesalahan terbesar blogger. Banyak blogger pemula mengambil tema blog yang sama sekali tidak ia sukai sama sekali hanya karena blog orang lain yang sukses dengan tema tersebut akhirnyapun ia pun mengikutinya. Alhasil, blognya disatu waktu mengalami kendala akan ditinggal begitu saja.

Akan lebih baik jika kita blogger pemula berencana membuat blog untuk mengawali pembuatan blog harus membuat topik yang sesuai dengan minat dan kesukaan dalam bidang topik yang akan kalian buat. Topik yang kamu sukai itu akan membuat kesenangan dalam blogging selain itu kamu tidak akan mudah bosan. Biasanya seorang yang asal-asalan memilih topik blogger tidak akan terlalu lama di dunia blogging.

4. Punya Kemampuan Menulis Yang Baik
Nah biasanya seorang Blogger yang sudah profesional selalu mengutamakan tulisan yang baik untuk dipublikasikan ke blognya. Jadi jika kalian ingin menjadi seperti mereka, mulailah membuat tulisan yang baik. Jangan terlalu cepat puas dengan tulisan yang sudah dihasilkan. Penulis yang baik itu seperti apa sih ?. Sebenarnya sederhana, penulis yang baik tidak harus sastr, minimal tulisan yang dipublikasikan di blog memiliki tata bahasa yang baik, alur cerita yang jelas dan tentu saja, tulisan tersebut mudah dipahami oleh pembaca.

5. Harus Memiliki Kemampuan Teknis
Mau tidak mau, hal ini juga harus Anda kuasai jika ingin menjadi profesional. Memang tidak mesti menjadi ahli teknis yang profesional. Namun blogger, apalagi yang bekerja sendiri-sendiri dalam membangun blognya minimal mengetahui hal-hal dasar dalam mengurus teknis blog.

Karena blog itu berbasis content management software, maka dari itu hal yang sangat perlu dikuasai oleh blogger profesional adalah kemampuan dasar mengenai database, transfer domain, script, plugin, dan lain sebagainya. Hal dasar namun sangat penting untuk dilakukan sendiri.

6. Punya Pengetahuan Dasar Untuk Ngeblog
Mau tema blognya tentang fashion, travel, tanaman dan lain sebagainya. Jika tidak mengetahui dari pengetahun dasar makan blog itu akan tertinggal. Sebelum kalian membuat blog kalian harus memiliki pengetahuan dasar dari Ngblog dan membuat topik. Ini akan menunjang karir kalian sebagai blogger profesional agar mudah memahami alur dan tata kelola yang baik sebagai seorang blogger.

Pengetahuan dasar yang minimal diketahui adalah bagaimana menjalankan blog dan sistem kerjanya. Kalau perlu pengetahuan tentang trackback, ping, SEO dan sebagainya akan juah lebih baik. Blogger profesional juga harus tahu memaksimalkan berbagai macam tools dan penggunaan sosial media.


7.Punya Kemampuan Menata Tampilan Blog
Desain blog yang baik sangat mempengaruhi kiprah seorang blogger di dunia maya. Sekali lagi, tidak harus ahli dalam tata kelola tampilan blog. Minimal mampu membuat tampilan yang ramah (nyaman) bagi pengunjung, cepat saat diakses dan sistem navigasi yang jelas.

Dengan tampilan seperti itu, tentu akan membuat kesan yang baik bagi pengunjung. Karena tampilan blog tidak terlepas dari pengetahuan HTML, CSS dan sebagainya. Maka penting pula adanya, seorang blogger menguasai hal ini, minimal tahu cara bagaimana mengoptimalkan tampilan blog.

8. Tahu Cara Mengoptimalkan Sosial Media
Saat ini, sosial media punya peran besar dalam interaksi sosial kita. Maka dari itu, seorang blogger juga seharusnya tahu bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan sosial media. Walau konten adalah segalanya, tapi distribusi yang baik juga tidak boleh dikesampingkan.

Salah satu sosial media yang harus dioptimalkan adalah Facebook. Pengguna Facebook saat ini sangat besar. Ada perubahan pola interaksi sosial di Indonesia saat ini yang tidak boleh diacukan oleh seorang blogger. Banyak orang tidak lagi mencari informasi di Google melainkan didapatkan dari Facebook.

9. Harus Kreatif dan Inovatif
Tidak ada satupun blogger profesional di dunia ini yang lepas dari dua hal ini, kreatif dan inovatif. Kreatif artinya seorang blogger harus memiliki daya cipta yang baik, sedangkan inovatif mengharuskan seorang blogger mampu menemukan hal-hal baru.

Jika kedua hal ini disatukan, maka yakin dan percaya, konten yang dihasilkan akan jauh lebih berkualitas. Jika seperti itu, Anda akan lebih cepat terkenal dan disenangi pengunjung. Kedua hal ini juga mampu memaksimalkan promosi blog dan cara memonetizasi blog yang lebih baik.


10. Konsisten Dalam Membangun Blog
Banyak blogger, bahkan yang sudah lama membangun blognya menyepelekan hal ini. Ada banyak alasan seorang blogger tidak konsisten dalam membangun blognya. Salah satunya yang disebutkan diatas, yaitu tidak memiliki minat yang besar pada satu topik.

Blogger profesional, harusnya konsisten dalam mengembangkan blog. Karena dengan kerja berkesinambungan, lama kelamaan blog yang dikelola akan semakin besar dan kuat di dunia maya. Ada beberapa blogger yang karena merasa sudah sukses besar malah meninggalkan blognya begitu saja.

11. Punya Kemampuan Membangun Jaringan
Networking atau jaringan dengan sesama blogger sangat penting adanya. Blogger profesional pastinya memiliki jaringan yang luas. Bukan hanya kepada sesama blogger, lebih luas dari itu juga harus dimiliki. Minimal jaringan untuk pemasaran dan kerjasama jangkan pendak dan panjang.

Membangun jaringan dengan sesama blogger akan memudahkan kita lebih cepat terkenal, apalagi kalau menjalin hubungan dengan blogger papan atas. Ada banyak tipe hubungan yang bisa dijalin, namun yang paling enak adalah membangun hubungan dengan win-win solution (tidak ada yang dirugikan).

12.  Harus Punya Kemampuan Manajemen Bisnis
Pengetahuan bisnis atau marketing juga harus dimiliki seorang blogger. Entah tipe blognya tentang apa, tapi hal ini penting. Karena dari kemampuan manajerial bisnis inilah kelangsungan hidup blog yang dikelola dipertaruhkan.

Semakin baik cara kita memasarkan blog, akan semakin besar pula peluang blog kita kebanjiran trafik. Trafik yang banyak tentu berdampak pada penghasilan yang banyak pula. Secara sederhana, blogger profesional harus punya pola pikir pebisnis jika ingin bertahan dari persaingan blog yang kian ketat.

13. Punya Kemampuan Berkomunikasi yang Baik
Mengapa hal ini sangat perlu dimiliki oleh seorang blogger? Karena, tanpa diduga-duga, bisa saja suatu saat, Anda akan dipanggil menjadi pembicara dalam satu seminar. Dimana Anda diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Hal ini telah berulang kali saya alami dan sangat penting untuk diketahui. Jika tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, menjadi pembicara disatu forum akan menjadi hal yang berat. Komunikasi yang penting pula dikuasai adalah bahasa Inggris. Oleh karena itu, mulailah upgrade kemampuan komunikasi Anda.

Setidaknya itulah tips 13 cara untuk menjadi seorang blogger yang profesional. Namun selain dari itu, mutlak bagi seorang blogger untuk dilakukan jika mau menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Jika ada hal lain yang menurut Anda penting dilakukan untuk menjadi blogger profesional, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini.

Share this

0 Comment to "Tips 13 Cara Menjadi Blogger Yang Profesional"

Post a Comment